MENCIPTAKAN PELUANG SEBAGAI MOMBLOGGER…

MENCIPTAKAN PELUANG SEBAGAI MOMBLOGGER…

cerita di balik blog

“Ngeblog? Ngapain? Buang-buang waktu ajah, kayak nggak ada kerjaan.” Aduh, ngedenger kata-kata itu berasa gimana gitu yah? Padahal, ngeblog yang kayaknya cuma nulis aja, cuma ngeriview yang biasa dikategorikan mromosiin usaha orang, itu bisa jadi jalan rejeki buat kita, loh. Ngeblog bisa memberi peluang buat kita untuk bekerja sebagai seorang freelance, loh.

Mendengar nama freelance disebutkan, mata langsung berbinar-binar, yah? Ngebayangin suatu kerjaan yang nggak terikat itu… Amazing banget pokoke, hehehe. Apalagi sebagai seorang isteri dan seorang ibu, wuaduh freelance itu bener-bener ‘sesuatu’ banget. Sesuatu yang bisa dikerjakan tanpa meninggalkan tugas. Sesuatu yang bisa menghasilkan tanpa meninggalkan tugas. TUGAS SEBAGAI ISTERI DAN IBU. Heheheh.

Nah, di sini saya mau cerita tentang ngeblog. Awal mula saya ngeblog. Postingan pertama saya di blog. Sampai membuat beberapa akun blog dan hingga akhirnya menetapkan satu blog yang bener-bener saya buat sebagai ‘rumah‘ untuk mencurahkan segala penat kehidupan. Haduh, kalimatnya ketinggiany yah, padahal sayanya mah pendek.

Pertaman kali membuat blog itu tahun 2011. Pakenya blogspot. Postingan pertamanya itu cerpen, karena saya emang suka fiksi dan pengen banget jadi penulis, cuman kala itu nggak tahu gimana caranya ngirim karya ke penerbit. Dan cerpen pertama sekaligus postingan pertama di blog yaitu cerpen Ketika Cinta Menutup Mata.

Lalu, saya juga ngebuat akun di tumblr juga, loh. Cuman nggak dimaksimalin saja. Akun di kompasiana semenjak tahun 2013 yang Alhamdullilah akhir-akhir ini kompasiana sering ngadain lomba blog, hingga akhirnya aku juga bisa kembali maksimalin akun kompasiana saya. Dan terakhir, wordpress. Akhirnya di blog ini saya jadikan ‘rumah induk’. Hehehe. Di sini saya mulai bercerita semuanya, dari fiksi, buku, lomba menulis, kontes blog hingga giveaway.

Saya juga nggak segan ngeriview usaha teman di sini. Usaha kuliner tentunya. Jungkir balik loh saya buat ngedapetin infonya. Ngubungin teman si pemilik usaha cuma sekedar ngebuat info dan minta fotonya, hehehe. Padahal kan ngreview usaha orang sama aja mromosiin usaha orang, kog sampai ngejar-ngejar kayak nagih hutang, ya? Padahal kalau banyak yang datang ke blog saya, tahu tuh usaha teman, dianya yang laku… Haduh. Tapi tak mengapa kan, ya? Anggap saja beramal sembari eksis, hehehe. Udah, niat itu saja. Dan siapa tahu, dari semua itu saya malah dapet peluang. Ada gitu kek, perusahaan yang pengen saya review dan ngasih saya money. Hehehe. (Mimpinya tinggi banget).

Saya juga sering otak-atik blog, loh. Otak-atik tampilannya maksudnya. Gonta-ganti tema, nambah kurangin menu sampai dengan widgetnya. Alhamdullilah, nambah ilmu kalau soal otak-atik blog. Kebetulan kan saya anak Teknik Informatika, ya sudah semakin bertambahlah ilmu html saya. Hihihi. Sambil menyelam minum air gitu…

Harapan saya sebagai seorang momblogger yang baru dua bulanan ini maksimalin blognya, karena dulu kebanyakan blog dan cuma asal buat tapi ngisi cuman kalau mau doang (jujur amit, ya?), saya pengen nambah temen tentunya (kan ikutan beberapa komunitas blogger), pengan nambah ilmu dan nambah pengalaman. Sekaligus yang terakhir, ciptakan peluang sebagai seorang momblogger.

“Peluang? Peluang apa? Peluang dapat job dari ngblog dong tentunya. Emang bisa?” Jelas bisalah.

Kayak misalnya ini, ya, kita suka ngereview suatu produk, awalnya cuma suka aja dan hobi, tapi banyangkan kalau banyak yang ngebaca tulisan review kita. Eh, ada perusahan yang tertarik dan produknya pengen kita review, dan taraaa, kita bisa dapat bayaran loh, ya. Dan nggak berhenti di situ saja, kita bisa jadi diundang ke sebuah acar besar, kayak contoh launching produk, kita bisa mencobanya, lalu bisa kita review dan kita juga dapat oleh-oleh dari acara itu. Hayo, berasa jadi orang penting, kan?

Terus ada lagi contohnya, misal kita suka nulis fiksi, posting aja ke blog. Eh, ada yang baca dan suka tulisan kita. Atau bayangin, ada editor sebuah penerbit yang baca tulisan kita dan tertarik pada tulisan kita, nah tuh bisa jadi peluang kita buat jadi penulis, kan?

Ngeblog itu mudah, kog. Apalagi kalau sudah punya fasilitas komputer dan internet, itu makin mudah lagi dan sayang kalau nggak dimanfaatin.

Ngeblog itu kan harus nulis rapi, gaya bahasa tinggi, kog. Ngeblog cukup jadi diri sendiri aja, dengan gaya bercerita kita dan mau cerita tentang apa itu hak kita kog. Ngeblog juga nggak harus pakai domain berbayar, banyak kan ngeblog pakai domain gratisan. Kayak punya saya ini (tapi tetep berharap, suatu saat jadi dot com, hehehe).

Ngeblog itu banyak kan manfaatnya? Nggak cuma cukup menciptakan peluang dapat job, tapi juga nambah temen dan nambah ilmu.

So, jangan ragu. Ciptakan peluangmu, sebagai blogger.***

Giveaway Cerita di Balik Blog

Advertisements

4 thoughts on “MENCIPTAKAN PELUANG SEBAGAI MOMBLOGGER…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s